Membuat Rumah Perlu Persiapan Ini

Dunia Olahraga Terkini

Setiap orang pastinya ingin punya rumah sendiri, terutama yang masih ngontrak atau ikut orang tua, rasanya tentu tak akan nyaman. Biaya bangun rumah pun akhirnya menjadi salah satu yang Anda pikirkan, belum lagi harus membayar jasa bangun rumah, semuanya butuh biaya. Nah, bagi yang ingin membangun rumah rencanakan dulu dengan matang.

Ada beberapa hal yang musti dipersiapkan sebelum membangun rumah. Agar rumah dibangun dengan baik dengan biaya yang hemat maka, pikirkan dulu perencanaannya dengan matang mulai dari hal-hal berikut ini.

 

  • Persiapan dana

 

Mulailah mengumpulkan uang Anda untuk bangun rumah, ada biaya pembelian lahan, bahan material, jasa bangun rumah, dan berbagai kebutuhan lain yang bisa saja terjadi. Aturlah keuangan dengan sangat baik sehingga, tak semua uang Anda disimpan hanya untuk persiapan bangun rumah.

 

  • Lokasi rumah

 

Sebaiknya memilih lokasi rumah yang aman, tidak bising, tidak dekat dengan pembuangan limbah, punya tetangga yang baik, persediaan air bersih yang cukup banyak, serta lahan yang tidak tandus. Jika memilih lahan yang subur, lumayan bisa Anda manfaatkan untuk menanam tanaman.

Itulah dua persiapan yang paling baik sebelum memiliki rumah sendiri. Mintalah jasa bangun rumah berpengalaman untuk memberikan banyak referensi pada Anda nantinya jika semua dana sudah terkumpul dengan baik. Jasa berpengalaman akan membangun rumah mulai dari desain hingga pengerjaan, semua proses dan kinerja juga akan disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Penyedia jasa bangun rumah sekarang telah banyak tersedia. Memilih jasa bangunan  yang berkualitas dan terpercaya tentu harus teliti. Jasa bangun rumah ada jasa kontraktor dan jasa borongan. Keduanya memiliki spesifikasi tersendiri.

Bagaimana Perbedaan Jasa Kontraktor dan Jasa Borongan?

Berikut akan dijelaskan perbedaan kedua jasa bangun rumah tersebut :

  1. Jasa kontraktor merupakan penyedia jasa bangun rumah yang telah memiliki sertifikasi atau lisensi resmi. Jadi jasa kontraktor telah berbadan hukum dan anggotanya terbentuk menjadi organisasai. Sedangkan jasa borongan tidak memiliki izin usaha resmi dan tidak berbadan hukum.
  2. Jasa kontraktor memiliki Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK). Sedangkan jasa borongan tidak ada surat perjanjian. Perjanjian dibuat hanya dalam bentuk kesepakatan lisan.