7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Tanpa Ribet

mengatur keuangan bulanan

7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Tanpa Ribet – Sebagai seorang karyawan Anda tentu memiliki pendapatan secara bulanan. Nah, untuk mendapatkan gaji tersebut Anda harus bersusah payah selama satu bulan, tapi untuk menghabiskan gaji satu bulan tersebut dapat dengan mudah dalam satu hari. Kebutuhan makan, kebutuhan rumah, kebutuhan transportasi sehari-hari, dan kebutuhan anak saling menjegal satu sama lain. Terkadang sebelum tiba akhir bulan, gaji sudah hilang entah kemana. Belum lagi kebutuhan yang biasa datang tak terduga sehingga membuat Anda berhutang.

Nah, sebagai seorang karyawan tentu Anda harus bisa memanajemen diri Anda sendiri. Anda harus mengatur keuangan bulanan Anda dengan cermat dan tepat.

Berikut 7 cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatur keuangan bulanan Anda…

mengatur keuangan bulanan
mengatur keuangan bulanan
  1. Membuat Rancangan Pengeluaran

Jika Anda ingin mengatur keuangan bulanan, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat rancangan pengeluar. Apa saja kebutuhan yang harus Anda keluarkan untuk bulan ini. Berapa rupiah yang harus Anda keluarkan. Buatlah harga pengeluaran Anda lebih 10% untuk berjaga-jaga apabila terjadi kenaikan biaya pengeluaran dalam salah satu kebutuhan Anda sewaktu-waktu.

  1. Membuat Skala Kebutuhan Prioritas

Jika Anda sudah membuat rancangan pengeluaran, tentu Anda sudah memiliki daftar apa saja yang harus Anda beli atau Anda bayar. Mulai listrik, air, biaya sekolah, kebutuhan pokok, asuransi, dan lainnya. Nah, cobalah untuk mempertebal atau menggarisbawahi kebutuhan mana yang menurut Anda mutlak harus terpenuhi. Jangan sampai kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, malah Anda memenuhi kebutuhan lain yang kurang penting.

  1. Membuat Standar Menabung

Jika Anda sudah membuat rancangan pengeluaran. Pastikan ada beberapa rupiah yang Anda sisihkan untuk menabung. Menabung sangatlah penting untuk membuat jaminan dan simpanan bagi Anda jika sewaktu-waktu nanti Anda membutuhkan uang. Nah, tidak usah terlalu banyak mematok angka untuk tabungan bulanan Anda, tapi yang terpenting adalah rutin.

  1. Menentukan Tujuan Bulanan

Menentukan tujuan bulanan untuk membeli suatu barang tersier ialah termasuk cara mengatur keuangan bulanan. Jika dirasa pengeluaran yang sudah Anda rencanakan terpenuhi dan tabungan Anda sudah terisi, maka cobalah untuk menargetkan kebutuhan tersier yang bisa menjadi aset bagi Anda. Tujuan bulanan ini tentu haruslah memiliki manfaat dan bisa menghasilkan passive income bagi Anda.

  1. Kurangi Barang Mewah

Barang mewah merupakan cerminan status dan kelas sosial sesorang di masyarakat. Namun ada kalanya Anda mengurangi kepemilikan barang mewah tersebut khususnya yang berpajak. Semakin besar kemewahan sebuah barang maka tentu semakin besar pula pajak yang harus Anda bayarkan. Mengatur keuangan bulanan tentu juga termasuk mengatur pengeluaran Anda untuk hal-hal yang tidak mendesak.

  1. Catat Kas Bulanan

Usahakan untuk setiap pemasukan dan pengeluaran Anda tercatat dalam buku kas. Tujuannya adalah supaya mengatur keuangan bulanan Anda lebih sistematis dan efisien. Dengan ditulis pada sebuah buku, tentu Anda dapat melihat bagaimana kondisi keuangan Anda setiap bulannya. Dari sana Anda bisa menjadikan buku kas bulanan Anda sebagai bahan evaluasi.

  1. Hidup Sederhana

Hidup dengan sederhana tanpa hutang adalah hasil akhir dari upaya Anda mengatur keuangan bulanan ini. Bagaimana Anda bisa menekan pengeluaran Anda dengan hidup sederhana dan apa adanya. Bukan berarti Anda tidak boleh membeli apapun keinginan Anda. Bukan. Bersenang-senang dan memiliki gaya hidup mewah boleh-boleh saja asalkan itu tidak membuat pengeluaran bulanan Anda tinggi.

Itulah ketujuh cara mengatur keuangan bulanan dengan mudah dan simpel untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Sebesar apapun gaji atau penghasilan Anda setiap bulan jika diatur dengan baik, dikelola dengan tepat, akan selalu habis tanpa sisa dan bahkan malah berhutang. Begitu juga sebaliknya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Dikutip dari : https://www.siapsukses.net/